18 January 2008

Lingkungan ‘Effects’

Cerita ini terjadi saat umur gw berkisar 4 – 6 tahun. Gw kecil (saat SD) tinggal di sebuah tempat bernama Ci***de, salah satu daerah di Jawa Barat. Gw mendapat semua pelajaran pertama gw di tempat tersebut, dari cara berjalan sampai cara mencuri.

Layaknya anak-anak kecil yang lain, gw juga sering bermain dengan teman-teman gw yang lain, maen layangan, maen petak umpet, maen SEGA (dulu masih zamannya SEGA yang kasetnya berbentuk kotak dan kalo kasetnya ngadat, ditiup bawahnya ato chip-nya dioleskan alcohol), tetapi di sela-sela permainan tsb, banyak inputan-inputan yang masuk ke gw kecil yang bersifat negatif (baru gw sadarin pas udah gede sekitar SMA saat gw mengenang masa kecil), inputan tsb seperti perkataan yang kasar dan jorok, perbuatan2 kriminal, dsb.

Dengan semua inputan tsb (hasil pergaulan) terbentuklah jiwa yang nakal pada diri gw kecil. Nakal gw waktu itu udah parah banget, satu kenakalan gw yang masih gw inget waktu itu adalah:

Suatu hari gw bersepeda ke rumah si Udin (seorang anak kecil yang baik hati dan tak berdosa).

“Din! Maen sepeda yu!”, gw ngajak si Udin.

“Ayo!”, Udin menyahut dengan perasaan gembira seorang anak kecil (dia tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian, gw juga ga tau).

Karena si Udin ga punya sepeda, maka dia gw bonceng. Berkelilinglah gw dengan Udin kecil. Tak lama kemudian, di kejauhan gw melihat Ani (nama samaran) -yang dipercaya oleh anak2 sekitar mengidap penyakit kelainan jiwa- sedang

mencuci pakaian dengan ibunya. Berjalanlah insting ke-nakal-an gw;

“Din, ada si Ani”, gw ngasih tau Udin.

“Mana?”

“Tuh”, gw nunjuk ke arah si Ani.

“Teriak ‘Ani gila’ Din”, gw nyuruh Udin.

“ANI GILAAA..!!”, si Udin langsung teriak.

Saat2 klimaks : Spontan Ani dan ibunya menoleh ke si Udin. Ibu si Ani langsung mendekati si Udin sambil berteriak-teriak ga jelas. Si Udin ketakutan (tapi ga bisa berbuat apa2). Tiba2 ibu si Ani menarik kedua kaki si Udin dan menyeretnya (info tambahan : Udin mengenakan celana pendek dan kaos kumal diseret di atas tanah yang kasar berkerikil) menuju Ani diminta untuk minta maaf, Udin menangis sekuat tenaga karena kesakitan diseret. Gw langsung kabur.

Astaghfirullahaladzim, kata yang terucap jika gw mengenang kembali peristiwa naas tsb. Ingin rasanya menonjok gw kecil, kalo gw bisa balik ke masa lalu.

Kesimpulan yang dapat diambil dari ‘Jejak Si Kecil’ kali ini adalah : Lingkungan dan teman pergaulan adalah faktor2 yg mempengaruhi perbuatan sehari-hari kita.


No comments: